|
BIMBINGAN DAN
KONSELING |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sekolah : |
|
|
|
Tahun pelajaran |
: 2018/2019 |
|
Kelas : VII,VIII,IX |
|
|
|
Guru BK |
|
: ARNI ULAN,S.Pd.,Gr. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
ASPEK PERKEMBANGAN |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
SASARAN |
LAYANAN |
WAKTU PELAKSANAAN |
KET |
BIDANG |
KOMPONEN |
LAYANAN |
A |
PERSIAPAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memperoleh
data dan informasi tentang kebutuhan dan permasalahan siswa |
Asesmen
Kebutuhan sekolah, masyarakat, dan siswa |
VII,VIII,IX |
P/B/S/K |
Dukungan
Sistem |
Aplikasi
instrumentasi |
Smt
Ganjil |
|
|
|
Meningkatkan
pelayanan BK kepada siswa |
Menyusun
program kerja |
VII,VIII,IX |
P/B/S/K |
Dukungan
Sistem |
|
Smt
Ganjil/ Genap |
|
|
|
Tersusunnya
program BK yang efektif dan efisien |
Konsultasi
program kerja |
VII,VIII,IX |
P/B/S/K |
Dukungan
Sistem |
Konsultasi |
Smt
Ganjil/ Genap |
|
|
|
Tersedianya
fasilitas yang menunjang pelaksanaan layanan |
Penyediaan
fasilitas |
VII,VIII,IX |
P/B/S/K |
Dukungan
Sistem |
|
Smt
Ganjil |
|
B |
PELAKSANAAN
LAYANAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Mencapai
perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa (Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa). |
Mengenal
arti dan tujuan ibadah |
Kehidupan
yang dimuliakan |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Makna dan Tujuan Ibadah dalam Kehidupan |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Nilai Keimanan dan Ketaqwaan |
VIII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan
kemauan sendiri. |
Kesabaran |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Toleransi Antar umat beragama |
VII |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Memaafkan |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Bersyukur |
VIII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Kehidupan Keberagamaan dan Masa Depan |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
2. |
Mengenal
seperangkat sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai
pribadi,anggota masyarakat,warga negara dan anggota umat manusia (Mengenal
nilai-nilai/norma etika). |
Mengenal
jenis-jenis norma dan memahami alasan pentingnya norma dalam kehidupan |
Tata
Tertib dan Tata Krama di Sekolah |
VII |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Orientasi |
Ganjil |
|
Kejujuran |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Bersikap positif terhadap norma |
Komunikasi
secara santun |
VIII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Hormat Kepada Orangtua |
VII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Pribadi Sosial Beretika |
VIII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Berperilaku sesuai dengan norma yang dijunjung
tinggi dengan masyarakat |
Ketertiban
dan kepatuhan |
IX |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
3. |
Mengenal
gambaran dan mengembangkan sikap tengan kehidupan mandiri, baik secara
emosional maupun sosial ekonomi (Mampu mengembangkan sikap mandiri dalam
aspek emosi dan ekonomi). |
Mengenal
emosi sendiri dan cara mengekspresikannya secara wajar (tidak kekank-kanakan
atau impulsif) |
Mengelola
Emosi |
VIII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Toleransi dan Solidaritas |
VII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Pikiran dan Tindakan Positif |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Berminat untuk lebih memahami keragaman emosi
sendiri dan orang lain. |
Mengendalikan
Diri |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
STOP Bullying |
VIII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Kecerdasan Sosio-Emosional |
IX |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Mengembangkan sikap Empati |
VIII |
S/P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Sikap Terhadap Kritik |
VIII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Dapat mengekspresikan emosi atas dasar
pertimbangan kontekstual (norman dan budaya). |
Mengelola
stress |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Responsible Behavior Training |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Penguasaan
Konten |
Ganjil |
|
Cara Mengemukakan Pendapat |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Penguasaan
Konten |
Genap |
|
Assertive Training |
VII |
S/P |
Layanan
Dasar |
Penguasaan
Konten |
Genap |
|
4. |
Perilaku
Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonomis) |
Mengenal
nilainilai perilaku hemat, ulet, sungguhsungguh, dan kompetitif dalam
kehidupan sehari-hari. |
Hidup
Hemat |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Membiasakan diri hidup hemat, ulet ,
sungguhsungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari. |
Saya
Ingin Jadi Pengusaha |
IX |
K |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
5. |
Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk melangjutkan
pendidikan dan atau berperan serta dalan kehidupan masyarakat (Mencapai
kematangan intelektual). |
Mengenal
cara belajar yang efektif dan cara-cara pemecahan masalah dan pengambilan
keputusan |
Cara
Belajar Efektif |
VII |
B |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Pemecahan masalah |
VIII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Sikap kritis |
VIII |
P/B |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Sikap terhadap hasil UN |
IX |
P/B |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Motivasi belajar |
IX |
P/B |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Berpikir rasional |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang
positif dan berminat untuk berlatih memecahkan masalah |
Aku
ingin rangking berapa? |
VII |
P/B |
Perencanaan
Individual |
Penempatan/
Penyaluran |
Ganjil |
|
Kiat sukses mengerjakan PR |
VII |
B |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Gaya Belajar |
VIII |
P/B |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Learning Difficulties |
VIII |
P/B |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Kebiasaan Belajar |
VII |
B |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan
berdasarkan pertimbangan yang matang serta Bertanggung jawab atas resiko yang
mungkin terjadi |
Keterampilan
meringkas dengan Mind Map |
VII |
P/B |
Layanan
Dasar |
Penguasaan
Konten |
Ganjil |
|
Strategi Belajar |
VIII |
B |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Ketrampilan Menyusun Makalah |
VIII |
B |
Layanan
Dasar |
Penguasaan
Konten |
Ganjil |
|
Sumber Belajar dan Manfaatnya |
IX |
B |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Persyaratan Naik Kelas |
VII |
P/B |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Antara Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran
Dan Kegiatan Ekstrakurikuler |
VIII |
P/B |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Kesiapan mengikuti UNBK |
IX |
B |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
6. |
Memantapkan
cara-cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial
(Berprilaku sosial yang bertanggungjawab). |
Memahami
pentingnya berperilaku yang bertanggung jawab dalam kehidupan sosial. |
Tanggung
jawab |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Penyimpangan Nilai dan Moral |
VIII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Disiplin |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Peristiwa Alam (Seperti Banjir, Gempa,Gunung
Meletus dan Tsunami) |
VIII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Peristiwa Politik (Pemilu,Pilkada) |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Sekolahku : Dahulu dan Sekarang |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Memiliki sikap-sikap sosial dalam berinteraksi
sosial dengan orang lain yang bersifat heterogen (multi etnis, budaya dan
agama), seperti sikap altruis, empati, kooperatif, kolaboratof, dan
toleran. |
Persahabatan |
VIII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Peristiwa sosial di masyarakat: demo brutal,
bentrok antarwarga |
IX |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Apa Yang Aku Ingin tentang sekolahku |
VII |
K |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Gotong Rotong |
VII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Geng Motor |
VIII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Berperilaku sosial yang bertanggung jawab dalam
berinteraksi dengan orang lain. |
Remaja.
Siapa Aku Ini? |
VII |
P |
Perencanaan
Individual |
Penempatan
dan Penyaluran |
Genap |
|
7. |
Mempersiapkan
diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik
dan psikis yang terjadi pada diri sendiri (Memahami dan menerima dirinya
secara positif serta mengembangkan kearah yang bermakna). |
Memahami
karakteristik sendiri (mengenal kemampuan dan keinginan diri) |
Konsep
Diri |
VIII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Pengalamanku dengan BK |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Karakter dan Potensi Diri |
VIII |
P |
Perencanaan
Individual |
Penempatan
dan Penyaluran |
Genap |
|
Kepercayaan Diri |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Menerima keadaan diri sendiri secara positif dan
realistik. |
Pemahaman
terhadap Orang Lain |
IX |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Harapan dan Optimis |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Bahaya Drugs dan Rokok bagi kesehatan |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Managemen Diri |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Menampilkan perilaku yang merefleksikan
pengembangan kualitas pribadinya. |
Kreatifitas |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Bahaya Rokok dan Narkoba bagi Kesehatan |
VIII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Kepribadianku |
IX |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Apa Itu Gender? |
VII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Cita-cita sesuai jenis kelamin |
IX |
K |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
8. |
Mencapai pola hubungan yang baik dengan
teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita (Kesadaran gender
(Peran sosial sebagai pria dan wanita) |
Mengenal
peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan. |
Perbedaan
Pokok Laki-laki dan Perempuan |
VIII |
P |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Maskulin dan Feminin |
VII |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Memelihara sikap respect terhadap orang lain |
VII |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai
laki-laki atau perempuan dalam kehidupan sehari-hari. |
Kiat
Berteman |
VII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
9. |
Mencapai
pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan
wanita (Mampu berhubungan sosial secara matang dengan teman sebaya dalam
perannya sebagai pria dan wanita). |
Memahami
norma-norma (etika) pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar
belakangnya. |
Komunikasi
Efektif |
VIII |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Hubungan muda mudi (yang boleh dan tidak boleh
dilakukan) |
VIII |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Pergaulan Bebas |
IX |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Aku dan Dia dimasa Remaja |
IX |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Persahabatan |
VII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Pacaran Sehat |
VIII |
S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Kata Orang tentang Generasi Millenial |
VIII |
P/S |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Menyadari tentang pentingnya penerapan
norma-norma dalam pergaulan dengan teman sebaya (Menyadari keragaman latar
belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan) |
Hobby
dan Kesukaanku |
VII |
P/K |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
Jenis-jenis Ekstra Kurikuler di Sekolah |
VII |
K |
Layanan
Dasar |
Layanan
Orientasi |
Ganjil |
|
Jenis-jenis Pekerjaan |
IX |
K |
Layanan
Dasar |
Layanan
Orientasi |
Ganjil |
|
10 |
Mengenal
kemampuan,bakat dan minat, serta arah kecenderungan karier(Mencapai
kematangan karier). |
Mengekspresi
kan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan
diri. |
Studi
Lanjutan |
IX |
K |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Apa itu Bekerja? |
IX |
K |
Layanan
Dasar |
Layanan
informasi |
Genap |
|
Kecenderungan Karier |
VIII |
K |
Perencanaan
Individual |
Penempatan
dan Penyaluran |
Genap |
|
Bakat dan Minat |
VII |
K |
Perencanaan
Individual |
Penempatan
dan Penyaluran |
Genap |
|
Memiliki motivasi untuk mempersiapkan diri
dengan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan studi
lanjutan atau pekerjaan yang diminatinya |
Idolaku
: Aku Ingin Seperti Dia |
VIII |
P/K |
Layanan
Dasar |
Layanan
Informasi |
Ganjil |
|
11 |
|
Peserta
didik mengembangkan diri melalui dinamika kelompok |
Disesuikan
dengan kebutuhan siswa (kelompok bebas) |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Bimb
Kelompok |
Ganjil-Genap |
|
12 |
|
Peserta
didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di dalam kelas,
kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, dan
kegiatan ekstra kurikuler. |
Disesuikan
dengan kebutuhan siswa |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Penempatan/
penyaluran |
Ganjil-Genap |
|
13 |
|
Peserta
didik mampu dalam mengentaskan masalah pribadinya. |
Disesuikan
dengan masalah yang diungkapkan oleh konseli |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Layanan
Konseling Perorangan |
Ganjil-Genap |
|
14 |
|
Peserta
didik mampu dalam pembahasan dan pengentasan masalah pribadi melalui dinamika
kelompok. |
Disesuikan
dengan masalah yang diungkapkan oleh kolompok |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Layanan
Konseling Kelompok |
Ganjil-Genap |
|
15 |
|
Peserta
didik dan atau pihak lain memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang
perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau masalah peserta didik. |
Disesuikan
dengan masalah yang diungkapkan oleh konseli |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Layanan
Konsultasi |
Ganjil-Genap |
|
16 |
|
Peserta
didik menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antarmereka. |
Disesuikan
dengan masalah yang diungkapkan oleh konseli |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Layanan
Mediasi |
Ganjil-Genap |
|
17 |
|
Memperoleh
data, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya masalah peserta didik
melalui pertemuan dengan orang tua dan atau keluarganya. |
Membicarakan
masalah yang dialami oleh konseli baik masalah pribdai, sosial, belajar, dan
karier |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Kunjungan
Rumah |
Ganjil-Genap |
|
18 |
|
Peserta
didik mendapatkan hak-haknya yang mendapat perlakuan kurang adil |
Disesuikan
dengan masalah yang diungkapkan oleh konseli |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Layanan
Advokasi |
Ganjil-Genap |
|
19 |
|
Mengumpulkan
data tentang diri peserta didik dan lingkungannya, melalui aplikasi berbagai
instrumen, baik tes maupun non-tes. |
Inventory
Tugas Perkembangan |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Perencanaan
Individual |
Aplikasi
Instrumentasi |
Ganjil |
|
Angket Gaya Belajar |
Genap |
|
Kunci Karier |
Genap |
|
Sosiometri |
Ganjil-Genap |
|
20 |
|
Menghimpun
data yang relevan dengan pengembangan peserta didik, yang diselenggarakan
secara berkelanjutan, sistematis, komprehensif, terpadu, dan bersifat rahasia |
Inventory
Tugas Perkembangan |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Perencanaan
Individual |
Himpunan
Data |
Ganjil |
|
Angket Gaya Belajar |
Genap |
|
Kunci Karier |
Genap |
|
Sosiometri |
Ganjil-Genap |
|
21 |
|
Memperkaya
dan memperkuat peserta didik berkenaan dengan permasalahan yang dialami klien
dengan cara mencari dan memanfaatkan sendiri bahan-bahan yang ada di pustaka
sesuai dengan kebutuhan |
Modul
Karier |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Tampilan
Kepustakaan |
Ganjil-Genap |
|
Check Up Kepribadian |
Ganjil-Genap |
|
Ice Breaking |
Ganjil-Genap |
|
Kumpulan Permainan |
Ganjil-Genap |
|
22 |
|
Membahas
permasalahan peserta didik dalam pertemuan khusus yang dihadiri oleh
pihak-pihak yang dapat memberikan data, kemudahan dan komitmen bagi
terentaskannya masalah peserta didik, yang bersifat terbatas dan tertutup. |
Pembahasan
kasus-kasus masalah tertentu yang dialami peserta didik |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Konfrensi
Kasus |
Ganjil-Genap |
|
23 |
|
Memindahkan
penanganan masalah peserta didik ke pihak lain sesuai keahlian dan
kewenangannya. |
Disesuikan
dengan masalah yang dialami oleh konseli |
VII,VIII,IX |
P/S/B/K |
Layanan
Responsif |
Alih
Tangan Kasus |
Ganjil-Genap |
|
24 |
|
Memfasilitasi
kelancaran perkembangan siswa |
Disesuaikan
kebutuhan |
|
|
Dukungan
Sistem |
Pengembangan
profesi |
Ganjil-Genap |
|
C |
EVALUASI |
|
|
|
|
|
|
Ganjil-Genap |
|
D |
TINDAK
LANJUT |
|
|
|
|
|
|
Ganjil-Genap |
|
E |
PELAPORAN |
|
|
|
|
|
|
Ganjil-Genap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bantaeng, Jan 2019 |
|
|
|
|
Mengetahui, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepala Sekolah |
|
|
|
Guru BK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
( ) | | | | | | |
Play online casino games in India - KDG
BalasHapusPlay online casino games in India. Play casino games online with friends 1xbet or หารายได้เสริม download the Android app. Download the app and enjoy it kadangpintar on your mobile device.