CONTOH PROGRAM TAHUNAN BIMBINGAN DAN KONSELING

PROGRAM TAHUNAN 
BIMBINGAN DAN KONSELING 
Sekolah   :  Tahun pelajaran        : 2018/2019
Kelas      : VII,VIII,IX Guru BK       : ARNI ULAN,S.Pd.,Gr.
NO ASPEK PERKEMBANGAN KOMPETENSI DASAR MATERI SASARAN  LAYANAN WAKTU PELAKSANAAN KET
BIDANG  KOMPONEN LAYANAN
A PERSIAPAN                
    Memperoleh data dan informasi tentang kebutuhan dan permasalahan siswa Asesmen Kebutuhan sekolah, masyarakat, dan siswa VII,VIII,IX P/B/S/K Dukungan Sistem Aplikasi instrumentasi Smt Ganjil  
    Meningkatkan pelayanan BK kepada siswa Menyusun program kerja VII,VIII,IX P/B/S/K Dukungan Sistem   Smt Ganjil/ Genap  
    Tersusunnya program BK yang efektif dan efisien Konsultasi program kerja VII,VIII,IX P/B/S/K Dukungan Sistem Konsultasi Smt Ganjil/ Genap  
    Tersedianya fasilitas yang menunjang pelaksanaan layanan Penyediaan fasilitas VII,VIII,IX P/B/S/K Dukungan Sistem   Smt Ganjil  
B PELAKSANAAN LAYANAN                 
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa (Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa). Mengenal arti dan tujuan ibadah Kehidupan yang dimuliakan  IX P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Makna dan Tujuan Ibadah dalam Kehidupan VII P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Nilai Keimanan dan Ketaqwaan  VIII  P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri. Kesabaran  VII P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Toleransi Antar umat beragama  VII P/S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Memaafkan IX P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Bersyukur  VIII  P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Kehidupan Keberagamaan dan Masa Depan IX P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
2. Mengenal seperangkat sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi,anggota masyarakat,warga negara dan anggota umat manusia (Mengenal nilai-nilai/norma etika). Mengenal jenis-jenis norma dan memahami alasan pentingnya norma dalam kehidupan Tata Tertib dan Tata Krama di Sekolah VII P/S Layanan Dasar Layanan Orientasi Ganjil  
Kejujuran  VII P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Bersikap positif terhadap norma Komunikasi secara santun VIII S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Hormat Kepada Orangtua VII S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Pribadi Sosial Beretika  VIII  S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Berperilaku sesuai dengan norma yang dijunjung tinggi dengan masyarakat Ketertiban dan kepatuhan  IX P/S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tengan kehidupan mandiri, baik secara emosional maupun sosial ekonomi (Mampu mengembangkan sikap mandiri dalam aspek emosi dan ekonomi). Mengenal emosi sendiri dan cara mengekspresikannya secara wajar (tidak kekank-kanakan atau impulsif) Mengelola Emosi VIII P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Toleransi dan Solidaritas  VII S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Pikiran dan Tindakan Positif IX P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Berminat untuk lebih memahami keragaman emosi sendiri dan orang lain. Mengendalikan Diri VII P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
STOP Bullying VIII S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Kecerdasan Sosio-Emosional IX P/S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Mengembangkan sikap Empati  VIII  S/P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Sikap Terhadap Kritik VIII  P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Dapat mengekspresikan emosi atas dasar pertimbangan kontekstual (norman dan budaya). Mengelola stress IX P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Responsible Behavior Training IX P Layanan Dasar Penguasaan Konten Ganjil  
Cara Mengemukakan Pendapat VII P Layanan Dasar Penguasaan Konten Genap  
Assertive Training VII S/P Layanan Dasar Penguasaan Konten Genap  
4. Perilaku Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonomis)  Mengenal nilainilai perilaku hemat, ulet, sungguhsungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.  Hidup Hemat VII P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Membiasakan diri hidup hemat, ulet , sungguhsungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.  Saya Ingin Jadi Pengusaha  IX Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
5.  Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk melangjutkan pendidikan dan atau berperan serta dalan kehidupan masyarakat (Mencapai kematangan intelektual). Mengenal cara belajar yang efektif dan cara-cara pemecahan masalah dan pengambilan keputusan Cara Belajar Efektif  VII Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Pemecahan masalah  VIII P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Sikap kritis VIII P/B  Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Sikap terhadap hasil UN IX P/B Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Motivasi belajar IX P/B Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Berpikir rasional IX P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif dan berminat untuk berlatih memecahkan masalah Aku ingin rangking berapa? VII P/B Perencanaan Individual Penempatan/ Penyaluran Ganjil  
Kiat sukses mengerjakan PR VII B Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Gaya Belajar VIII P/B Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Learning Difficulties VIII P/B Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Kebiasaan Belajar VII Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang serta Bertanggung jawab atas resiko yang mungkin terjadi Keterampilan meringkas dengan Mind Map VII P/B Layanan Dasar Penguasaan Konten Ganjil  
Strategi Belajar VIII B Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Ketrampilan Menyusun Makalah VIII B Layanan Dasar Penguasaan Konten Ganjil  
Sumber Belajar dan Manfaatnya IX B Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Persyaratan Naik Kelas  VII P/B  Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Antara Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Dan Kegiatan Ekstrakurikuler VIII  P/B Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Kesiapan mengikuti UNBK IX B Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
6. Memantapkan cara-cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial (Berprilaku sosial yang bertanggungjawab). Memahami pentingnya berperilaku yang bertanggung jawab dalam kehidupan sosial. Tanggung jawab VII P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Penyimpangan Nilai dan Moral VIII S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Disiplin VII P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Peristiwa Alam (Seperti Banjir, Gempa,Gunung Meletus dan Tsunami) VIII  P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Peristiwa Politik (Pemilu,Pilkada) IX P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Sekolahku : Dahulu dan Sekarang VII P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Memiliki sikap-sikap sosial dalam berinteraksi sosial dengan orang lain yang bersifat heterogen (multi etnis, budaya dan agama), seperti sikap altruis, empati, kooperatif, kolaboratof, dan toleran.  Persahabatan VIII S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Peristiwa sosial di masyarakat: demo brutal, bentrok antarwarga IX S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Apa Yang Aku Ingin tentang sekolahku VII K Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Gotong Rotong  VII S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Geng Motor VIII  S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Berperilaku sosial yang bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan orang lain. Remaja. Siapa Aku Ini? VII P Perencanaan Individual Penempatan dan Penyaluran Genap  
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri (Memahami dan menerima dirinya secara positif serta mengembangkan kearah yang bermakna). Memahami karakteristik sendiri (mengenal kemampuan dan keinginan diri) Konsep Diri VIII  P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Pengalamanku dengan BK IX P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Karakter dan Potensi Diri VIII  P Perencanaan Individual Penempatan dan Penyaluran Genap  
Kepercayaan Diri VII P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Menerima keadaan diri sendiri secara positif dan realistik. Pemahaman terhadap Orang Lain IX S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Harapan dan Optimis  IX P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Bahaya Drugs dan Rokok bagi kesehatan IX P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Managemen Diri  VII P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Menampilkan perilaku yang merefleksikan pengembangan kualitas pribadinya. Kreatifitas VII P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Bahaya Rokok dan Narkoba bagi Kesehatan VIII  P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Kepribadianku  IX P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Apa Itu Gender? VII P Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Cita-cita sesuai jenis kelamin IX K Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
8.   Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita (Kesadaran gender (Peran sosial sebagai pria dan wanita) Mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan. Perbedaan Pokok Laki-laki dan Perempuan VIII  P Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Maskulin dan Feminin VII P/S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Memelihara sikap respect terhadap orang lain VII P/S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan sehari-hari.  Kiat Berteman VII S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
9. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita (Mampu berhubungan sosial secara matang dengan teman sebaya dalam perannya sebagai pria dan wanita). Memahami norma-norma (etika) pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya. Komunikasi Efektif VIII P/S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Hubungan muda mudi (yang boleh dan tidak boleh dilakukan) VIII P/S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Pergaulan Bebas  IX P/S Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Aku dan Dia dimasa Remaja IX P/S  Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Persahabatan VII S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Pacaran Sehat  VIII  S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Kata Orang tentang Generasi Millenial VIII  P/S Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Menyadari tentang pentingnya penerapan norma-norma dalam pergaulan dengan teman sebaya (Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan) Hobby dan Kesukaanku VII P/K Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
Jenis-jenis Ekstra Kurikuler di Sekolah VII K Layanan Dasar Layanan Orientasi Ganjil  
Jenis-jenis Pekerjaan IX Layanan Dasar Layanan Orientasi Ganjil  
10 Mengenal kemampuan,bakat dan minat, serta arah kecenderungan karier(Mencapai kematangan karier). Mengekspresi kan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri.  Studi Lanjutan IX K Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Apa itu Bekerja? IX K Layanan Dasar Layanan informasi Genap  
Kecenderungan Karier VIII  K Perencanaan Individual Penempatan dan Penyaluran Genap  
Bakat dan Minat VII K Perencanaan Individual Penempatan dan Penyaluran Genap  
Memiliki motivasi untuk mempersiapkan diri dengan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan studi lanjutan atau pekerjaan yang diminatinya Idolaku : Aku Ingin Seperti Dia VIII P/K Layanan Dasar Layanan Informasi Ganjil  
11   Peserta didik mengembangkan diri melalui dinamika kelompok Disesuikan dengan kebutuhan siswa (kelompok bebas)  VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Bimb Kelompok Ganjil-Genap  
12   Peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler. Disesuikan dengan kebutuhan siswa  VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Penempatan/ penyaluran Ganjil-Genap  
13   Peserta didik mampu dalam mengentaskan masalah pribadinya.  Disesuikan dengan masalah yang diungkapkan oleh konseli VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Layanan Konseling Perorangan  Ganjil-Genap  
14   Peserta didik mampu dalam pembahasan dan pengentasan masalah pribadi melalui dinamika kelompok. Disesuikan dengan masalah yang diungkapkan oleh kolompok VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Layanan Konseling Kelompok  Ganjil-Genap  
15   Peserta didik dan atau pihak lain memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau masalah peserta didik. Disesuikan dengan masalah yang diungkapkan oleh konseli VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Layanan Konsultasi  Ganjil-Genap  
16   Peserta didik menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antarmereka.  Disesuikan dengan masalah yang diungkapkan oleh konseli VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Layanan Mediasi  Ganjil-Genap  
17   Memperoleh data, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya masalah peserta didik melalui pertemuan dengan orang tua dan atau keluarganya.  Membicarakan masalah yang dialami oleh konseli baik masalah pribdai, sosial, belajar, dan karier VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Kunjungan Rumah Ganjil-Genap  
18   Peserta didik mendapatkan hak-haknya yang mendapat perlakuan kurang adil Disesuikan dengan masalah yang diungkapkan oleh konseli VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Layanan Advokasi  Ganjil-Genap  
19   Mengumpulkan data tentang diri peserta didik dan lingkungannya, melalui aplikasi berbagai instrumen, baik tes maupun non-tes. Inventory Tugas Perkembangan  VII,VIII,IX P/S/B/K Perencanaan Individual Aplikasi Instrumentasi Ganjil  
Angket Gaya Belajar Genap  
Kunci Karier Genap  
Sosiometri Ganjil-Genap  
20   Menghimpun data yang relevan dengan pengembangan peserta didik, yang diselenggarakan secara berkelanjutan, sistematis, komprehensif, terpadu, dan bersifat rahasia Inventory Tugas Perkembangan  VII,VIII,IX P/S/B/K Perencanaan Individual Himpunan Data Ganjil  
Angket Gaya Belajar Genap  
Kunci Karier Genap  
Sosiometri Ganjil-Genap  
21   Memperkaya dan memperkuat peserta didik berkenaan dengan permasalahan yang dialami klien dengan cara mencari dan memanfaatkan sendiri bahan-bahan yang ada di pustaka sesuai dengan kebutuhan  Modul Karier VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Tampilan Kepustakaan Ganjil-Genap  
Check Up Kepribadian  Ganjil-Genap  
Ice Breaking Ganjil-Genap  
Kumpulan Permainan  Ganjil-Genap  
22   Membahas permasalahan peserta didik dalam pertemuan khusus yang dihadiri oleh pihak-pihak yang dapat memberikan data, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya masalah peserta didik, yang bersifat terbatas dan tertutup. Pembahasan kasus-kasus masalah tertentu yang dialami peserta didik  VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Konfrensi Kasus Ganjil-Genap  
23   Memindahkan penanganan masalah peserta didik ke pihak lain sesuai keahlian dan kewenangannya.  Disesuikan dengan masalah yang dialami oleh konseli VII,VIII,IX P/S/B/K Layanan Responsif Alih Tangan Kasus Ganjil-Genap  
24   Memfasilitasi kelancaran perkembangan siswa Disesuaikan kebutuhan     Dukungan Sistem Pengembangan profesi Ganjil-Genap  
C EVALUASI             Ganjil-Genap  
D TINDAK LANJUT             Ganjil-Genap  
E PELAPORAN             Ganjil-Genap  
Bantaeng,   Jan 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah  Guru BK 
(                           )

Komentar

  1. Play online casino games in India - KDG
    Play online casino games in India. Play casino games online with friends 1xbet or หารายได้เสริม download the Android app. Download the app and enjoy it kadangpintar on your mobile device.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer