|
BIMBINGAN DAN
KONSELING |
|
|
|
|
|
|
|
LAPORAN
SEMESTER GANJIL |
PELAKSANAAN EVALUASI/ANALISIS/TINDAK LANJUT PROGRAM
BIMBINGAN KONSELING |
Sekolah : |
|
Tahun Pelajaran : |
2018/2019 |
Kelas/Semester :
VII,VIII,IX/GANJIL |
|
Guru Pembimbing/BK : |
ARNI ULAN,S.Pd |
|
|
|
|
|
|
|
NO |
KEGIATAN |
SASARAN |
MATERI/MASALAH |
ANALISIS EVALUASI |
TINDAK LANJUT |
BERHASIL-FAKTOR PENDUKUNG |
KURANG
BERHASIL-FAKTOR PENGHAMBAT |
1. |
LAYANAN
ORIENTASI |
VII |
Pengenalan
Guru BK, Tugas dan Fungsi BK di sekolah |
Siswa
menyambut baik kehadiran Guru BK |
|
|
2. |
LAYANAN
ORIENTASI/ PENEMPATAN DAN
PENYALURAN |
Kegiatan
Ekskul di sekolah |
Keaktifan
dan antusiasme siswa yang tinggi mengenal setiap jenis kegiatan exkul yang
ada di sekolah |
|
|
3. |
APLIKASI
INSTRUMENTASI/HIMPUNAN DATA/LAY INFORMASI |
VII,VIII,IX |
Mengisi
angket ITP (Inventori tugas perkembangan) |
Antusiasme
siswa tinggi dalam mengisi angket meskipun instrumennya terbatas |
|
|
4. |
LAYANAN
INFORMASI |
VII
A,B,C,D,E |
Tata
Tertib dan Tata Krama di sekolah |
Keaktifan
siswa menyimak setiap butir tata tertib yang disampaikan |
Dibeberapa
kelas tidak memajang atau menempelkan Tata Tertib yang berlaku sebagai
pengingat bagi siswa |
Menempelkan
papan Tata Tertib sekolah di setiap kelas |
5. |
Aku
Ingin Rangking berapa? |
Antusiasme
siswa yang cukup tinggi dalam menentukan target belajar serta cara
mencapainya |
|
|
6. |
Kesabaran |
|
Tahap
perkembangan siswa yang masih dalam tahap transisi mempengaruhi emosi siswa
(labil) |
Pemberian
layanan kembali di kelas tingkat lanjut dengan materi yang lebih menarik |
7. |
STOP
BULLYING |
|
Kebiasaan
siswa yang sering saling membully serta dijadikan sebagai teknik bergaul
merupakan faktor utama perilaku Bully masih sering terjadi |
|
8. |
Kiat
Berteman |
Antusiasme
siswa tinggi memperagakan setiap adegan yang dipilih ketika mengikuti
sosiodrama |
|
|
9. |
Pengendalian
Diri |
|
Usia
siswa yang masih berada dalam tahap transisi serta siswa masih dalam proses
adaptasi lingkungan baru dan tugas perkembangan yang baru |
Pemberian
layanan kembali di kelas tingkat lanjut dengan materi yang lebih menarik |
10 |
LAYANAN
PENGUASAAN KONTEN |
Meringkas
dengan menggunakan Mind Map |
|
Media
yang digunakan kurang menarik minat siswa |
Pemilihan
media yang lebih menarik |
11 |
LAYANAN
INFORMASI |
VIII
A,B,C,D,E |
Penegasan
Tata Tertib |
Pengetahuan
awal siswa tentang Tata Tertib yang berlaku di sekolah |
|
|
12 |
Idolaku:
Aku Ingin Seperti Dia |
Kemampuan
siswa mengenali diri serta mendeteksi profesi menarik disekitar lingkunagn
hidup mereka |
|
|
13 |
Persahabatan |
Antusiasme
siswa tinggi saat menerima materi dan mengerjakan angket yang diberikan |
|
|
14 |
Komunikasi
Efektif |
Antusiasme
siswa tinggi dalam mengikuti materi yang diberikan |
|
|
15 |
STOP
BULLYING |
|
Kebiasaan
siswa yang sering saling membully serta dijadikan sebagai teknik bergaul
merupakan faktor utama perilaku Bully masih sering terjadi |
|
16 |
Pemecahan
Masalah |
Pola
pikir siswa yang mulai menunjukkan kedewasaannya dalam mengambil keputusan |
|
|
17 |
Hubungan
Muda Mudi |
Antusiasme
siswa tinggi terutama mereka yang sudah mulai mengenal hubungan antara
Laki-laki dan Perempuan diluar hubungan pertemanan |
|
|
18 |
Jenis-jenis
Pekerjaan |
Antisiasme
siswa tinggi untuk mengetahui lebih banyak jenis pekerjaan yang belum
diketahui sebelumnya |
|
|
19 |
LAYANAN
INFORMASI |
IX
A,B,C,D,E,F |
Penegasan
Tata Tertib |
Pengetahuan
awal siswa tentang Tata Tertib yang berlaku di sekolah |
|
|
20 |
Jenis-jenis
Pekerjaan |
Antisiasme
siswa tinggi untuk mengetahui lebih banyak jenis pekerjaan yang belum
diketahui sebelumnya |
|
|
21 |
MEDIASI |
VII, VIII, IX |
Perselisihan dan perkelahian antar siswa |
Siswa
memahami pentingnya saling menghargai dan menjaga silaturahmi |
|
|
22 |
KONSULTASI |
VII, VIII, IX |
Pertukaran
informasi dan penyelesaian permasalahan siswa dengan melibatkan Orangtua
siswa |
Konsulti memahami permasalahan yang terjadi |
|
|
23 |
ADVOKASI |
VII, VIII, IX |
Memberikan perlindungan pada siswa yang
mengalami perlakuan yang kurang menyenangkan |
Siswa
merasa aman dan nyaman belajar dan bersosialisasi di lingkungan sekolah |
|
|
24 |
KUNJUNGAN
RUMAH |
VII, VIII, IX |
Mengunjungi
rumah orangtua/wali siswa untuk menyampaikan informasi sekaligus menggali
informasi tentang perkembangan siswa |
Perhatian
dan pemahaman orangtua mengenai pentingnya bekerjasama demi kelancaran proses
pendidikan siswa |
|
|
25 |
KOLABORASI |
VII, VIII, IX |
Penyelesaian
permasalahan siswa dengan melibatkan beberapa pihak terkait (Wali Kelas,
Orangtua siswa, WaKa serta Kepala Sekolah) |
Pemahaman
tentang tugas dan tanggungjawab bersama dalam membantu siswa menyelesaikan
permasalahan yang dihadapi |
|
|
26 |
BIMBINGAN
KELOMPOK |
VII, VIII, IX |
Permasalahan
yang dialami oleh sebagian besar siswa (terlambat, motivasi belajar rendah) |
|
Tidak
adanya waktu yang efektik 9jadwal teratur) digunakan untuk pertemuan kelompok
sehingga tidak ada kelompok yang paten sehingga manfaat tidak signifikan |
Perlunya
membentuk kelompok paten dan membuat jadwal yang teratur sampai tujuan
kelompok tercapai |
27 |
KONFERENSI
KASUS |
VII, VIII, IX |
Membahas
permasalahan siswa dalam pertemuan khusus yang dihadiri oleh pihak yang dapat
memberikan data, kemudahan dan komitmen demi terentaskannya masalah siswa
yang bersifat terbatas dan tertutup |
Tercapainya
kesepakatan atau penyelesaikan masalah yang dialami oleh siswa berdasarkan
musyawarah bersama |
|
|
28 |
KONSELING
INDIVIDUAL | | | | | |
| AI/ VII.A |
Perilaku
: 1. merokok di lingkungan sekolah 2. sering terlambat masuk sekolah 3.
sering berkeliaran saat jam belajar 4. catatan dan tugas tidak lengkap Identifikasi
Masalah : Motifasi Belajar rendah, daya tangkap pelajaran rendah, serta tahap
perkembangan sosial siswa berbeda dgn teman setingkatannya (siswa pernah
tinggal kelas sebanyak 2x saat SD) |
|
Perbedaan
usia dan tingkat pergaulan siswa memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap
tingkat adaptasi siswa di kelas yang mempengaruhi semangat siswa
berada(belajar) di kelas |
Pendekatan
dan konseling masih harus dilakukan guna membantu siswa beradaapatasi serta
memotifasi siswa untuk lebih giat belajar |
30 |
AS / VII.A |
Perilaku
: 1. Sering terlambat mengikuti pelajaran 2. Memiliki kebiasaan merokok 3.
Sering ikutserta dalam permasalahan teman lain Identifikasi Masalah:
Motifasi belajar rendah serta rasa ingin tahu yang tinggi menyebabkan siswa
selalu ingin mencoba hal-hal yang baru |
|
Siswa
masih dalam proses adaptasi dengan lingkungan sekolah |
Pengawasan
masih sangat dibutuhkan guna membantu siswa beradaptasi dilingkungan sekolah |
31 |
MIA / VII.C |
Perilaku
: 1. Pelaku Bullying (Memukul, Mengancam, Menyuruh serta meminta uang dengan
paksa Identifikasi
Masalah : Pencarian Eksistensi Diri yang keliru |
Adanya
kerjasama yang baik dengan orangtua siswa serta kontrol yang baik dari wali
kelas |
|
Proses
konseling masih harus terus dilakukan |
32 |
MA/ VII.C |
Perilaku
: Malas mencatat dan mengerjakan tugas Identifikasi masalah : Motifasi
belajar rendah |
|
siswa
masih belum menyadari pentngnya disiplin dalam belajar |
Belum
ada perubahan yang signifikan proses konseling masih harus dilakukan |
33 |
RE/ VII.D |
Perilaku
: 1. Berkelahi 2. Pelaku Tindakan Bullying (memukul dan memberi julukan) Identifikasi Masalah
: Mencari eksistensi dengan cara yang keliru serta kesulitan bergaul dengan
cara yang baik |
Keinginan
anak untuk mampu mengendalikan dirinya sudah muncul serta adanya kedekatan
emosional dengan wali kelas |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan |
34 |
R
/VII.D |
Perilaku
: 1. merokok 2. Malas
mencatat dan mengerjakan tugas
Identifikasi Masalah : motivasi belajar rendah serta pengaruh
pergaulan di lingkungan rumah |
|
Pergaulan
siswa diluar sekolah yang cukup luas menyebabkan siswa selalu ingin mencoba
hal baru dan dibawah ke dalam lingkungan sekolah |
Belum
ada perubahan, konseling masih harus terus dilakukan |
35 |
Y/VII.D |
Perilaku
: 1. Merokok
Identifikasi masalah : ikut-ikutan dengan teman |
|
|
Sudah
ada perubahan namun masih harus dalam pengawasan |
36 |
Sa / VII.D |
Perilaku
: 1. Pelaku bullying (memukul, meinta paksa, mengancam) 2. Merokok
Identifikasi Masalah : Mencari eksistensi diri yang keliru |
|
Perilaku
membulli dilakukan siswa sejak SD sehingga sudah menjadi kebiasaan yang sulit
diubah |
Sudah
ada perubahan, proses konseling masih harus tetap dilanjutkan serta masih
harus dalam pengawasan |
37 |
A.
AJ/ VIII.A |
Perilaku
: 1. Bolos
Identifikasi Masalah : Motifasi belajar rendah |
Adanya
kontrol yang baik dari orangtua siswa serta wali kelas serta siswa sudah
mulai mampu beradaptasi dengan teman kelasnya |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan |
38 |
AH/ VIII.A |
Perilaku
: 1. Bolos 2. Malas mencatat dan mengerjakan tugas Identifikasi Masalah :
Motifasi belajar rendah serta pengaruh lingkungan pergaulan di luar sekolah
serta hubungan yang kuran harmonis dengan orangtua |
|
Hubungan
yang kurang harmonis dengan orangtua serta perilaku siswa yang sering
membantah Guru dan Orangtua di rumah merupakan faktor penyebab siswa masih
belum mampu aktif belajar di sekolah dan masih sering alfa sehingga proses
konseling sulit dilakukan (pendekatan kepada siswa terhambat) |
Belum
ada perubahan yang signifikan meskipun kerjasama antara wali kelas, guru BK
dan orangtua sudah dilakukan |
39 |
Al
F A/ VIII.A |
Perilaku
: 1. Terlambat masuk kelas 2. Mengganggu teman perempuan Identifikasi Masalah :
motifasi belajar rendah serta pengaruh sering menonton elekton |
siswa
punya keinginan untuk lebih baik dengan menghentikan prilaku menonton elekton
yang kurang pantas serta berusaha tepat waktu masuk kelas |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan |
40 |
AK/VIII.B |
Perilaku
: 1. Sering keluar masuk saat belajar di kelas 2. Menjaili
teman Identifikasi Masalah
: Hiperaktif dan ikut ikutan dengan teman |
Keinginan
siswa untuk lebih baik sudah ada dalam dirinya serta terciptanya hubungan
kerjasama yang baik dengan orangtua siswa serta wali kelas |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan |
41 |
KF/VIII.B |
Perilaku
: 1. Sering keluar masuk saat belajar di kelas 2. Sering mengganggu
teman Identifikasi Masalah
: Motifasi belajar rendah serta kuran mampu bergaul dengan teman perempuan |
Siswa
punya keinginan untuk lebih dalam bertingkah laku dan mulai menyadari
pentingnya disiplin dalam belajar |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan |
42 |
A / VIII.B |
Perilaku
: 1. Suka mengganggu dan memberikan julukan kepada teman Identifikasi
Masalah : Kesulitan bergaul dengan teman perempuan |
Siswa
punya keinginan untuk lebih dalam bertingkah laku |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan |
43 |
M.F/VIII.C |
Perilaku
: Pelaku Bullying ( Mengganggu teman perempuan, Menendang, mengambi pulpen
dan meludahi teman)
Identifikasi Masalah : Mencari eksistensi diri yang keliru |
Siswa
punya keinginan untuk memperbaiki perilaku terutama cara bergaul dengan teman
sekelas |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan |
44 |
NFR / VIII.D |
Perilaku
: 1. Membuat status di FB yang menjelekkan nama sekolah 2. Bolos (berada di
sekolah tapi tidak masuk belajar) Identifikasi
Masalah : Emosi siswa yang masih labil serta adanya saling mempengaruhi antar
teman |
Adanya
kontrol yang baik dari wali kelas |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan |
45 |
MR / VIII.D |
Perilaku
: 1. Sering Terlambat 2. Bolos (tidak ikut belajar) Identifikasi masalah :
manajemen waktu yang kurang baik serta rendahnya motifasi belajar |
Adanya
kontrol yang baik dari wali kelas |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan |
46 |
Z/VIII.D |
Perilaku:
1.Alfa (Meninggalkan Rumah tapi tidak sampai di sekolah) Identifikasi Masalah
: Motifasi belajar rendah, pengaruh pergaulan diluar sekolah serta kegiatan
malam yang susah dihindari |
Terjalinnya
kerjasama yang baik dengan orangtua dan wali kelas serta siswa mulai mampu
menata kegiatannya dengan baik |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan |
47 |
R A/ IX.A |
Perilaku
: 1. Membolos 2.
Merokok
Identifikasi masalah : ikut-ikutan dengan teman |
|
Perilaku
membolos sudah tidak pernah dilakukan lagi, tetapi untuk perilaku merokok
sulit diidentifikasi |
Sudah
ada perubahan namun masih sangat dibutuhkan pengawasan |
48 |
M / IX.A |
Perilaku
: 1.Terlambat 2. melakukan pemukulan Identifikasi masalah : Manajemen waktu
yang kurang baik serta pencarian eksistensi yang keliru |
|
Kurang
disiplin dalam mengatur waktu tidur ketika malam |
Sudah
ada perubahan pada perilaku terlambat namun masih belum signifikan (masih
sering muncul) |
49 |
ANF/ IX.A |
Perilaku
: 1. Alfa
Identifikasi Masalah : Managemen waktu yang kurang baik, motifasi
belajar rendah serta pengaruh pergaulan di luar lingkungan sekolah |
Siswa
sudah mulai menyadari pentingnya belajar dan disiplin serta mulai mampu
meningglkan kegiatan yang menghambatnya datang ke sekolah |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan |
50 |
AN /IX.A |
Perilaku
: 1.Terlambat Identifikasi Masalah : Kurang mampu menyusun jadwal kegiatan
dengan baik |
Siswa
sudah mampu menata kegiatan dengan baik serta adanya kontrol dari wali
kelas |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan |
51 |
AAK/ IX.B |
Perilaku
: 1. Sering mengganggu teman 2. Bolos Identifikasi Masalah : kurang
mampu bergaul dengan teman perempuan, motifasi belajar rendah serta suka
memprofokasi teman |
Adanya
kerjasama yang baik antara Wali Kelas, serta dukungan dari orangtua di rumah |
|
Sudah
perubahan yang signifikan namun masih perlu pengawasan |
52 |
ZR/ IX.C |
Perilaku
: 1. Terlambat 2. Alfa 3.
Bolos
Identifikasi Masalah : Motifasi belajar rendah, pengaruh pergaulan
diluar sekolah serta adanya kegiatan malam sampai larut |
Siswa
kurang terbuka dalam mengungkapkan perasaan dan pengalamannya serta kegiatan
apa yang dilakukan diluar sekolah |
|
Belum
ada perubahan yang signifikan |
53 |
ASP/ IX.D |
Perilaku
: 1. Alfa
Identifikasi Masalah : motivasi belajar rendah, managemen waktu yang
kurang baik serta pengaruh teman bergaul |
Siswa
kurang terbuka dalam mengungkapkan perasaan dan pengalamannya serta kegiatan
apa yang dilakukan diluar sekolah |
|
Belum
ada perubahan yang signifikan |
54 |
F / IX.E |
Perilaku
: 1. merokok 2. Pelaku Bullying (mengancam, meminta uang dan mengganggu teman
perempuan)
Identifikasi Masalah : Pencarian eksistensi yang keliru serta kurang
mampu beradaptasi dengan masa puber |
Adanya
keinginan siswa untuk berprilaku yang lebih baik, kontrol yang baik dari Wali
Kelas serta terjalinnya kerjasama dengan Wali Siswa |
|
Sudah
ada perubahan namun masih butuh pengawasan |
55 |
IAM/IX.F |
Perilaku
: 1. meminta uang 2. perencana dalam membully teman (Anjas) Identifikasi Masalah : Pencarian
eksistensi yang keliru |
Adanya
keinginan siswa untuk berprilaku yang lebih baik |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan |
56 |
AW / IX.F |
Perilaku
: Suka mengganggu teman perempuan
Identikasi Masalah : efek dari kegiatan menonton yang tidak
pantas |
Adanya
keinginan siswa untuk berprilaku yang lebih baik serta mampu
mengurangi/menghentikan kegiatan menonton video yang tidak pantas |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan |
57 |
S /IX.F |
Perilaku
: Menulis dan menggambar konten yang tidak pantas Identifikasi
Masalah : kurang mampu beradaptasi dengan masa puber serta pengaruh pergaulan
diluar lingkungan sekolah |
Adanya
keinginan siswa untuk berprilaku yang lebih baik dan menyadari kesalahan yang
telah dilakukan |
|
Sudah
ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
58 |
Analisis Evaluasi |
|
59 |
Kritik dan Saran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, |
|
|
Bantaeng, Jan 2019 |
|
|
|
Kepala Sekolah |
|
Guru BK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| | | Arni Ulan,S.Pd.,Gr. | |
Komentar
Posting Komentar