CONTOH LAPORAN EVALUASI

MTs MA'ARIF LASEPANG
BIMBINGAN DAN KONSELING
LAPORAN SEMESTER  GANJIL 
PELAKSANAAN  EVALUASI/ANALISIS/TINDAK LANJUT PROGRAM BIMBINGAN KONSELING
Sekolah               :   Tahun Pelajaran           : 2018/2019
Kelas/Semester   :  VII,VIII,IX/GANJIL  Guru Pembimbing/BK   : ARNI ULAN,S.Pd
NO KEGIATAN  SASARAN  MATERI/MASALAH ANALISIS EVALUASI TINDAK LANJUT
BERHASIL-FAKTOR PENDUKUNG KURANG BERHASIL-FAKTOR PENGHAMBAT
1.  LAYANAN ORIENTASI  VII Pengenalan Guru BK, Tugas dan Fungsi BK di sekolah Siswa menyambut baik kehadiran Guru BK    
2. LAYANAN ORIENTASI/        PENEMPATAN DAN PENYALURAN Kegiatan Ekskul di sekolah Keaktifan dan antusiasme siswa yang tinggi mengenal setiap jenis kegiatan exkul yang ada di sekolah    
3. APLIKASI INSTRUMENTASI/HIMPUNAN DATA/LAY INFORMASI VII,VIII,IX Mengisi angket ITP (Inventori tugas perkembangan) Antusiasme siswa tinggi dalam mengisi angket meskipun instrumennya terbatas    
4. LAYANAN INFORMASI VII A,B,C,D,E Tata Tertib dan Tata Krama di sekolah Keaktifan siswa menyimak setiap butir tata tertib yang disampaikan Dibeberapa kelas tidak memajang atau menempelkan Tata Tertib yang berlaku sebagai pengingat bagi siswa  Menempelkan papan Tata Tertib sekolah di setiap kelas
5.  Aku Ingin Rangking berapa? Antusiasme siswa yang cukup tinggi dalam menentukan target belajar serta cara mencapainya    
6.  Kesabaran    Tahap perkembangan siswa yang masih dalam tahap transisi mempengaruhi emosi siswa (labil) Pemberian layanan kembali di kelas tingkat lanjut dengan materi yang lebih menarik
7. STOP BULLYING   Kebiasaan siswa yang sering saling membully serta dijadikan sebagai teknik bergaul merupakan faktor utama perilaku Bully masih sering terjadi  
8. Kiat Berteman  Antusiasme siswa tinggi memperagakan setiap adegan yang dipilih ketika mengikuti sosiodrama    
9. Pengendalian Diri    Usia siswa yang masih berada dalam tahap transisi serta siswa masih dalam proses adaptasi lingkungan baru dan tugas perkembangan yang baru Pemberian layanan kembali di kelas tingkat lanjut dengan materi yang lebih menarik
10 LAYANAN PENGUASAAN KONTEN Meringkas dengan menggunakan Mind Map   Media yang digunakan kurang menarik minat siswa  Pemilihan media yang lebih menarik
11 LAYANAN INFORMASI  VIII A,B,C,D,E Penegasan Tata Tertib Pengetahuan awal siswa tentang Tata Tertib yang berlaku di sekolah    
12 Idolaku: Aku Ingin Seperti Dia Kemampuan siswa mengenali diri serta mendeteksi profesi menarik disekitar lingkunagn hidup mereka    
13 Persahabatan Antusiasme siswa tinggi saat menerima materi dan mengerjakan angket yang diberikan    
14 Komunikasi Efektif Antusiasme siswa tinggi dalam mengikuti materi yang diberikan    
15 STOP BULLYING   Kebiasaan siswa yang sering saling membully serta dijadikan sebagai teknik bergaul merupakan faktor utama perilaku Bully masih sering terjadi  
16 Pemecahan Masalah  Pola pikir siswa yang mulai menunjukkan kedewasaannya dalam mengambil keputusan    
17 Hubungan Muda Mudi Antusiasme siswa tinggi terutama mereka yang sudah mulai mengenal hubungan antara Laki-laki dan Perempuan diluar hubungan pertemanan    
18 Jenis-jenis Pekerjaan  Antisiasme siswa tinggi untuk mengetahui lebih banyak jenis pekerjaan yang belum diketahui sebelumnya    
19 LAYANAN INFORMASI IX A,B,C,D,E,F Penegasan Tata Tertib Pengetahuan awal siswa tentang Tata Tertib yang berlaku di sekolah    
20 Jenis-jenis Pekerjaan  Antisiasme siswa tinggi untuk mengetahui lebih banyak jenis pekerjaan yang belum diketahui sebelumnya    
21 MEDIASI VII, VIII, IX   Perselisihan dan perkelahian antar siswa Siswa memahami pentingnya saling menghargai dan menjaga silaturahmi     
22 KONSULTASI VII, VIII, IX  Pertukaran informasi dan penyelesaian permasalahan siswa dengan melibatkan Orangtua siswa  Konsulti memahami permasalahan yang terjadi    
23 ADVOKASI VII, VIII, IX   Memberikan perlindungan pada siswa yang mengalami perlakuan yang kurang menyenangkan Siswa merasa aman dan nyaman belajar dan bersosialisasi di lingkungan sekolah    
24 KUNJUNGAN RUMAH VII, VIII, IX  Mengunjungi rumah orangtua/wali siswa untuk menyampaikan informasi sekaligus menggali informasi tentang perkembangan siswa Perhatian dan pemahaman orangtua mengenai pentingnya bekerjasama demi kelancaran proses pendidikan siswa    
25 KOLABORASI VII, VIII, IX  Penyelesaian permasalahan siswa dengan melibatkan beberapa pihak terkait (Wali Kelas, Orangtua siswa, WaKa serta Kepala Sekolah) Pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab bersama dalam membantu siswa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi    
26 BIMBINGAN KELOMPOK VII, VIII, IX  Permasalahan yang dialami oleh sebagian besar siswa (terlambat, motivasi belajar rendah)   Tidak adanya waktu yang efektik 9jadwal teratur) digunakan untuk pertemuan kelompok sehingga tidak ada kelompok yang paten sehingga manfaat tidak signifikan Perlunya membentuk kelompok paten dan membuat jadwal yang teratur sampai tujuan kelompok tercapai
27 KONFERENSI KASUS VII, VIII, IX  Membahas permasalahan siswa dalam pertemuan khusus yang dihadiri oleh pihak yang dapat memberikan data, kemudahan dan komitmen demi terentaskannya masalah siswa yang bersifat terbatas dan tertutup Tercapainya kesepakatan atau penyelesaikan masalah yang dialami oleh siswa berdasarkan musyawarah bersama     
28 KONSELING INDIVIDUAL
 AI/ VII.A Perilaku : 1. merokok di lingkungan sekolah 2. sering terlambat masuk sekolah 3. sering berkeliaran saat jam belajar 4. catatan dan tugas tidak lengkap                             Identifikasi Masalah : Motifasi Belajar rendah, daya tangkap pelajaran rendah, serta tahap perkembangan sosial siswa berbeda dgn teman setingkatannya (siswa pernah tinggal kelas sebanyak 2x saat SD)    Perbedaan usia dan tingkat pergaulan siswa memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap tingkat adaptasi siswa di kelas yang mempengaruhi semangat siswa berada(belajar) di kelas Pendekatan dan konseling masih harus dilakukan guna membantu siswa beradaapatasi serta memotifasi siswa untuk lebih giat belajar
30 AS / VII.A Perilaku : 1. Sering terlambat mengikuti pelajaran 2. Memiliki kebiasaan merokok 3. Sering ikutserta dalam permasalahan teman lain                   Identifikasi Masalah: Motifasi belajar rendah serta rasa ingin tahu yang tinggi menyebabkan siswa selalu ingin mencoba hal-hal yang baru    Siswa masih dalam proses adaptasi dengan lingkungan sekolah  Pengawasan masih sangat dibutuhkan guna membantu siswa beradaptasi dilingkungan sekolah
31 MIA / VII.C Perilaku : 1. Pelaku Bullying (Memukul, Mengancam, Menyuruh serta meminta uang dengan paksa                      Identifikasi Masalah : Pencarian Eksistensi Diri yang keliru  Adanya kerjasama yang baik dengan orangtua siswa serta kontrol yang baik dari wali kelas    Proses konseling masih harus terus dilakukan 
32 MA/ VII.C Perilaku : Malas mencatat dan mengerjakan tugas             Identifikasi masalah : Motifasi belajar rendah    siswa masih belum menyadari pentngnya disiplin dalam belajar  Belum ada perubahan yang signifikan proses konseling masih harus dilakukan 
33 RE/ VII.D Perilaku : 1. Berkelahi 2. Pelaku Tindakan Bullying (memukul dan memberi julukan)                        Identifikasi Masalah : Mencari eksistensi dengan cara yang keliru serta kesulitan bergaul dengan cara yang baik  Keinginan anak untuk mampu mengendalikan dirinya sudah muncul serta adanya kedekatan emosional dengan wali kelas   Sudah ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan 
34 R /VII.D Perilaku : 1. merokok                  2. Malas mencatat dan mengerjakan tugas              Identifikasi Masalah : motivasi belajar rendah serta pengaruh pergaulan di lingkungan rumah    Pergaulan siswa diluar sekolah yang cukup luas menyebabkan siswa selalu ingin mencoba hal baru dan dibawah ke dalam lingkungan sekolah Belum ada perubahan, konseling masih harus terus dilakukan
35 Y/VII.D Perilaku : 1. Merokok                  Identifikasi masalah : ikut-ikutan dengan teman      Sudah ada perubahan namun masih harus dalam pengawasan 
36 Sa / VII.D Perilaku : 1. Pelaku bullying (memukul, meinta paksa, mengancam) 2. Merokok Identifikasi Masalah : Mencari eksistensi diri yang keliru    Perilaku membulli dilakukan siswa sejak SD sehingga sudah menjadi kebiasaan yang sulit diubah Sudah ada perubahan, proses konseling masih harus tetap dilanjutkan serta masih harus dalam pengawasan 
37 A. AJ/ VIII.A Perilaku : 1. Bolos                       Identifikasi Masalah : Motifasi belajar rendah Adanya kontrol yang baik dari orangtua siswa serta wali kelas serta siswa sudah mulai mampu beradaptasi dengan teman kelasnya    Sudah ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan 
38 AH/ VIII.A Perilaku : 1. Bolos 2. Malas mencatat dan mengerjakan tugas                       Identifikasi Masalah : Motifasi belajar rendah serta pengaruh lingkungan pergaulan di luar sekolah serta hubungan yang kuran harmonis dengan orangtua    Hubungan yang kurang harmonis dengan orangtua serta perilaku siswa yang sering membantah Guru dan Orangtua di rumah merupakan faktor penyebab siswa masih belum mampu aktif belajar di sekolah dan masih sering alfa sehingga proses konseling sulit dilakukan (pendekatan kepada siswa terhambat) Belum ada perubahan yang signifikan meskipun kerjasama antara wali kelas, guru BK dan orangtua sudah dilakukan
39 Al F A/ VIII.A Perilaku : 1. Terlambat masuk kelas 2. Mengganggu teman perempuan                       Identifikasi Masalah : motifasi belajar rendah serta pengaruh sering menonton elekton siswa punya keinginan untuk lebih baik dengan menghentikan prilaku menonton elekton yang kurang pantas serta berusaha tepat waktu masuk kelas    Sudah ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan 
40 AK/VIII.B Perilaku : 1. Sering keluar masuk saat belajar di kelas                        2. Menjaili teman             Identifikasi Masalah : Hiperaktif dan ikut ikutan dengan teman Keinginan siswa untuk lebih baik sudah ada dalam dirinya serta terciptanya hubungan kerjasama yang baik dengan orangtua siswa serta wali kelas    Sudah ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan 
41 KF/VIII.B Perilaku : 1. Sering keluar masuk saat belajar di kelas 2. Sering mengganggu teman             Identifikasi Masalah : Motifasi belajar rendah serta kuran mampu bergaul dengan teman perempuan  Siswa punya keinginan untuk lebih dalam bertingkah laku dan mulai menyadari pentingnya disiplin dalam belajar   Sudah ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan 
42 A / VIII.B Perilaku : 1. Suka mengganggu dan memberikan julukan kepada teman                           Identifikasi Masalah : Kesulitan bergaul dengan teman perempuan  Siswa punya keinginan untuk lebih dalam bertingkah laku    Sudah ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan 
43 M.F/VIII.C Perilaku : Pelaku Bullying ( Mengganggu teman perempuan, Menendang, mengambi pulpen dan meludahi teman)              Identifikasi Masalah : Mencari eksistensi diri yang keliru  Siswa punya keinginan untuk memperbaiki perilaku terutama cara bergaul dengan teman sekelas   Sudah ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan 
44 NFR / VIII.D  Perilaku : 1. Membuat status di FB yang menjelekkan nama sekolah 2. Bolos (berada di sekolah tapi tidak masuk belajar)                             Identifikasi Masalah : Emosi siswa yang masih labil serta adanya saling mempengaruhi antar teman    Adanya kontrol yang baik dari wali kelas    Sudah ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan 
45 MR / VIII.D Perilaku : 1. Sering Terlambat 2. Bolos (tidak ikut belajar) Identifikasi masalah : manajemen waktu yang kurang baik serta rendahnya motifasi belajar  Adanya kontrol yang baik dari wali kelas    Sudah ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan 
46 Z/VIII.D  Perilaku: 1.Alfa (Meninggalkan Rumah tapi tidak sampai di sekolah) Identifikasi Masalah : Motifasi belajar rendah, pengaruh pergaulan diluar sekolah serta kegiatan malam yang susah dihindari Terjalinnya kerjasama yang baik dengan orangtua dan wali kelas serta siswa mulai mampu menata kegiatannya dengan baik    Sudah ada perubahan yang signifikan namun harus tetap dalam pengawasan 
47 R A/ IX.A Perilaku : 1. Membolos                2. Merokok                        Identifikasi masalah : ikut-ikutan dengan teman    Perilaku membolos sudah tidak pernah dilakukan lagi, tetapi untuk perilaku merokok sulit diidentifikasi Sudah ada perubahan namun masih sangat dibutuhkan pengawasan 
48 M / IX.A Perilaku : 1.Terlambat 2. melakukan pemukulan Identifikasi masalah : Manajemen waktu yang kurang baik serta pencarian eksistensi yang keliru    Kurang disiplin dalam mengatur waktu tidur ketika malam  Sudah ada perubahan pada perilaku terlambat namun masih belum signifikan (masih sering muncul)
49 ANF/ IX.A Perilaku : 1. Alfa                    Identifikasi Masalah : Managemen waktu yang kurang baik, motifasi belajar rendah serta pengaruh pergaulan di luar lingkungan sekolah Siswa sudah mulai menyadari pentingnya belajar dan disiplin serta mulai mampu meningglkan kegiatan yang menghambatnya datang ke sekolah   Sudah ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan 
50 AN /IX.A Perilaku : 1.Terlambat Identifikasi Masalah : Kurang mampu menyusun jadwal kegiatan dengan baik  Siswa sudah mampu menata kegiatan dengan baik serta adanya kontrol dari wali kelas    Sudah ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan 
51 AAK/ IX.B Perilaku : 1. Sering mengganggu teman 2. Bolos           Identifikasi Masalah : kurang mampu bergaul dengan teman perempuan, motifasi belajar rendah serta suka memprofokasi teman  Adanya kerjasama yang baik antara Wali Kelas, serta dukungan dari orangtua di rumah   Sudah perubahan yang signifikan namun masih perlu pengawasan 
52 ZR/ IX.C Perilaku : 1. Terlambat 2. Alfa     3. Bolos                         Identifikasi Masalah : Motifasi belajar rendah, pengaruh pergaulan diluar sekolah serta adanya kegiatan malam sampai larut  Siswa kurang terbuka dalam mengungkapkan perasaan dan pengalamannya serta kegiatan apa yang dilakukan diluar sekolah   Belum ada perubahan yang signifikan 
53 ASP/ IX.D Perilaku : 1. Alfa                    Identifikasi Masalah : motivasi belajar rendah, managemen waktu yang kurang baik serta pengaruh teman bergaul  Siswa kurang terbuka dalam mengungkapkan perasaan dan pengalamannya serta kegiatan apa yang dilakukan diluar sekolah   Belum ada perubahan yang signifikan 
54 F / IX.E Perilaku : 1. merokok 2. Pelaku Bullying (mengancam, meminta uang dan mengganggu teman perempuan)                                Identifikasi Masalah : Pencarian eksistensi yang keliru serta kurang mampu beradaptasi dengan masa puber  Adanya keinginan siswa untuk berprilaku yang lebih baik, kontrol yang baik dari Wali Kelas serta terjalinnya kerjasama dengan Wali Siswa    Sudah ada perubahan namun masih butuh pengawasan 
55 IAM/IX.F Perilaku : 1. meminta uang 2. perencana dalam membully teman (Anjas)             Identifikasi Masalah : Pencarian eksistensi yang keliru Adanya keinginan siswa untuk berprilaku yang lebih baik    Sudah ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan 
56 AW / IX.F Perilaku : Suka mengganggu teman perempuan             Identikasi Masalah : efek dari kegiatan menonton yang tidak pantas  Adanya keinginan siswa untuk berprilaku yang lebih baik serta mampu mengurangi/menghentikan kegiatan menonton video yang tidak pantas    Sudah ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan 
57 S /IX.F Perilaku : Menulis dan menggambar konten yang tidak pantas                          Identifikasi Masalah : kurang mampu beradaptasi dengan masa puber serta pengaruh pergaulan diluar lingkungan sekolah Adanya keinginan siswa untuk berprilaku yang lebih baik dan menyadari kesalahan yang telah dilakukan    Sudah ada perubahan yang signifikan namun masih butuh pengawasan 
58 Analisis Evaluasi  
59 Kritik dan Saran   
Mengetahui, Bantaeng,   Jan 2019
Kepala Sekolah  Guru BK 

Arni Ulan,S.Pd.,Gr. 

Komentar

Postingan Populer