contoh verbatim Person centered Therapy
RENCANAPELAKSANAAN
LAYANAN
BIMBINGANDAN
KONSELING
(“LAYANAN KONSELING INDIVIDU” *)
1
|
Identitas
|
||
a. Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA Tunas
Harapan
|
|
b. Tahun
Ajaran
|
:
|
2015/2016
|
|
c. Kelas
|
:
|
XII IPA
|
|
d. Pelaksana dan
Pihak Terkait
|
:
|
Konselor
|
|
2
|
Waktu
|
||
a.
Tanggal
|
:
|
18 April 2016
|
|
b. Jam Pelayanan
|
:
|
10.00 – 10.30
WITA
|
|
c. Volume
Waktu
|
:
|
30 menit
|
|
d. Tempat
|
:
|
Ruang
konseling
|
|
3
|
Bidang
|
:
|
Pribadi
|
4
|
Materi Pelayan
|
||
a. Tema
|
:
|
Motivasi
belajar
|
|
b. Sumber
Materi Pelayanan
|
:
|
-
|
|
5
|
Tujuan Layanan
|
:
|
Menghilangkan
kejenuhan belajar siswa
|
6
|
Fungsi Layanan
|
:
|
Pengentasan
|
7
|
Metode dan
Teknik
|
||
a. Jenis
Layanan
|
:
|
Konseling
Individu (Person Centered therapy)
|
|
b. Kegiatan
Pendukung
|
:
|
-
|
|
8
|
Sarana
|
||
a. Media
|
:
|
-
|
|
b. Instrumen
|
:
|
-
|
|
c. Sumber
|
:
|
-
|
|
9
|
Sasaran
Layanan
|
:
|
Siswi Uki
(samaran)
|
10
|
Langkah
Kegiatan
|
PERSON
CENTERED THERAPY
Deskripsi masalah
Uki adalah salah seorang siswi kelas XII IPA di SMA
Tunas Harapan. Yang sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional. Uki dikenal
sebagai salah satu siswa berprestasi di sekolah, tetapi semenjak naik kelas
XII, prestasi Uki menurun. Uki sering tidak mengumpulkan tugas yang diberikan
oleh guru. Hingga salah seorang guru mata pelajaran menyuruh Uki berkonsultasi
dengan guru BK
Hasil Wawancara
Konseling
No.
|
Konselor/
Konseli
|
Percakapan
|
Teknik/
Keterampilan
|
Tahap
Awal
|
|||
1.
|
Konseli
|
Assalamu
‘alaikum
|
|
2.
|
Konselor
|
Wa
‘alaikum Salam..mari masuk nak, silahkan duduk
|
Attanding
|
3.
|
Konseli
|
Terima
Kasih bu..
|
|
4.
|
Konselor
|
Kamu
Uki kan siswi kelas XII?
|
Rapport
|
5.
|
Konseli
|
Iya
bu.. saya kelas XII IPA, sama dengan Rani
|
|
6.
|
Konselor
|
Sebelumnya,
Uki sudah pernah datang ke ruang BK?
|
Pertanyaan
terbuka
|
7.
|
Konseli
|
Belum
bu, ini pertama kalinya saya ke ruang BK
|
|
8.
|
Konselor
|
Bagaimana
kesanmu terhadap ruangan ini ?
|
Menanyakan
keadaan ruangan
|
9.
|
Konseli
|
Ruangannya
cukup adem dan jauh dari keramaian, tapi sejujurnya saya sedikit takut berada
diruangan ini bu..
|
|
10.
|
Konselor
|
(Tersenyum)
kamu tidak perlu takut, teman – teman kamu juga banyak yang datang ke sini
|
|
11.
|
Konseli
|
Iya
bu.. tapi ?? (Wajah ragu)
|
|
12.
|
Konselor
|
(Tersenyum)
kamu tidak perlu takut dan ragu datang kesini untuk berkonsutasi dengan ibu.
Karena ibu disini sebagai konselor. Tugas ibu membri layanan untuk membantu
siswa menghadapi masalah atau sulit dalam mengambil keputusan.
|
|
13.
|
Konseli
|
Oh..
begitu ya bu..
|
|
14.
|
Konselor
|
Menurut
kamu, apa peranan konselor dan konseli dalam proses konseling?
|
Pertanyaan
terbuka
|
15.
|
Konseli
|
Menurut
saya, konselor itu tugasnya menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh siswa
|
|
16.
|
Konselor
|
(Tersenyum)
sebenarnya yang kamu katakan itu keliru. Disini ibu sebagai konselor berpern
sebagai fasilitator dalam proses konseling, yang membantu kamu menemukan
jalan keluar dari permasalahan yang kamu hadapi, sedangkan kamu sendiri
sebagai konseli berperan aktif untuk mengemukakan apa yang kamu alami secara
jujur serta mampu menemukan sendiri jalan keluar dari permasalahan yang kamu
hadapi.
|
Menjelaskan
peranan konselor dan konseli
|
17.
|
Konseli
|
(menganggukkan
kepala) seperti itu bu..
Saya
akan berusaha aktif dalam proses ini bu…tapi saya tidak mau bu, jangan sampai
teman saya tahu bu..
|
|
18.
|
Konselor
|
Oh..soal
itu, kamu tidak perlu khawatir, dalam konseling ada kode etik yang menjamin
kerahasiaan atas masalah yang kamu hadapi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir,
ibu bisa menjamin pembicaraan ini tidak akan diketahui oleh orang lain.
|
Menjelaskan
kode etik azas kerahasiaan
|
19.
|
Konseli
|
Oh..begitu
ya bu..
|
|
20.
|
Konselor
|
Sebelum
kita mulai membahas permasalahanmu, alangkah baiknya kita membuat kesepakatan
waktu yang diperlukan untuk proses konseling ini. Apakah 30 menit sudah cukup
untuk melakukan proses konseling?
|
Kontark
waktu
|
21.
|
Konseli
|
Iya
bu..saya rasa sudah cukup
|
|
22.
|
Konselor
|
Baiklah,
kita sudah menyepakati waktu yang digunakan dalam proses konseling ini. Nah
sekarang, coba kamu ceritakan masalah yang sedang kamu hadapi ?
|
Pertanyaan
terbuka (mengarahkan pembicaraan)
|
23.
|
Konseli
|
Saya
sedih bu, bakangan ini saya sering dimarahi oleh guru-guru
|
|
konselor
|
Sering
dimarahi? Kenapa?
|
Refleksi
perasaan
|
|
Mungkin
karna saya tidak mengerjakan tugas bu...
|
|||
24.
|
Konselor
|
Coba
kamu ceritakan hal-hal apa yang membuat kamu tidak bisa mengerjakan tugas?
|
Memimpin
pembicaraan
|
25.
|
Konseli
|
Saya
merasa bosan belajar bu, mulai dari jam 7 pagi harus belajar di sekolah dan
setelah pulang dari sekolah saya masih harus ikut les, belum lagi saat pulang
ke rumah harus mengerjakan PR
|
|
26.
|
Konselor
|
Jadi
kamu merasa bosan dengan aktifitasmu yang itu-itu saja.
|
Paraphrasing
|
27.
|
Konseli
|
Iya
bu, kalo saya bosan saya lebih memilih tidur dari pada mengerjakan tugas.
Saya tidak ingin terlalu lelah, saya takut nantinya akan jatuh sakit jika
terlalu memaksakan diri
|
|
28
|
Konselor
|
Saat
kamu tidur lebih awal, apa kamu menggantikannya dengan bangun tengah malam
atau bangun shubuh untuk mengerjakan
tugasmu?
|
Menjernihkan
|
29
|
Konseli
|
Tidak
bu, saya tetap bangun seperti biasanya
|
|
30
|
Konselor
|
Jadi,
meskipun kamu tidur lebih awal kamu tetap bangun seperti biasanya dan tidak
mengerjakan tugas
|
Refleksi
isi secara kronologis
|
31
|
Konseli
|
Iya
bu, saya tau bahwa apa yang saya lakukan itu tidak tepat, tapi itu membuat
saya merasa nyaman. Saya sadar bu, seharusnya saya belajar dengan giat karna
sebentar lagi saya akan ujian
|
|
32
|
Konselor
|
Kamu
mengatakan kamu harus giat belajar untuk menghadapi ujian tapi kamu merasa
nyaman tidur lebih awal dan tidak mengerjakan tugas
|
Konfrontasi
|
33
|
Konseli
|
Iya
bu..saya bingung harus bagaimana? Saya takut gagal saat ujian.
|
|
34.
|
Konselor
|
Terus…
|
Dorongan
minimal
|
35.
|
Konseli
|
Saya
butuh motivasi yang bisa membuat saya rajin belajar
|
|
36.
|
Konselor
|
Kamu
butuh motivasi untuk belajar, karena kamu takut akan gagal dalam ujian.
|
Paraphrasing
|
37.
|
Konseli
|
Iya
bu..kalo saya begini terus, saya akan gagal dalam ujian bu..
|
|
38.
|
Konselor
|
Jadi,
kamu merasa tertekan menghadapi ujian?
|
Refleksi
perasaan
|
39.
|
Konseli
|
Iya
bu, saya takut gagal bu, kalo saya gagal orangtua saya pasti akan marah dan
teman-teman akan menjauhi saya.
|
|
40.
|
Konselor
|
Ibu
mengerti dengan perasaanmu, berdasarkan ceritamu, kamu mulai bosan belajar
karena jadwal belajarmu terlalu padat, namun kamu merasa takut gagal dalam
ujian, karena tidak tahu harus bagaimana agar semangat lagi. Betul begitu?
|
Empati
dan menyimpulkan sementara
|
41.
|
Konseli
|
Iya
bu, memang betul.
|
|
42
|
Konselor
|
Ibu
paham dengan apa yang kamu alami sekarang. Pada dasanya, kita memang akan
mudah bosan ketika menjalani aktifitas yang itu-itu saja. Apalagi di umur
kamu yang sekarang ini, suka mencoba hal-hal yang baru dan menyenangkan.
Orang-orang biasanya memanfaatkan weekend untuk berlibur, kumpul dengan
keluarga, ataupun jalan-jalan dengan teman-teman untuk menghilangkan rasa
penat karna aktifitas yang membosankan.
|
Empati
dan memberikan informasi
|
43
|
Konseli
|
Iya
juga sih bu....
|
|
44.
|
Konselor
|
Nah..
sekarang coba kamu pikirkan hal apa yang membuat kamu semangat ?
|
Pertanyaan
terbuka
|
45.
|
Konseli
|
Biasanya
saya mendengarkan music, jalan-jalan dengan teman saya, atau nonton di
bioskop
|
|
46.
|
Konselor
|
Nah,
uki sudah tahu hal yang membuat Uki bersemangat. Jadi apa rencanamu untuk menghilangkan
kebosananmu dalam belajar?
|
Membuat
inisiatif
|
47
|
Konseli
|
Saya
akan mengatur ulang jadwal belajar dengan baik, merencanakan jalan-jalan
bersama teman- teman saya saat weekend minimal 2x sebulan dan sesekali
mendengarkan music saat mulai bosan belajar
|
|
48
|
Konselor
|
Bagus...
kamu telah menemukan solusi yang ibu pikir sangat tepat. Dan apa kamu mau
melakukannya dengan sungguh-sungguh?
|
Penguatan
positif dan pembuatan komitemen
|
49
|
Konseli
|
Tentu
saja bu, saya ingin meraih prestasi seperti dulu lagi
|
|
50
|
Konselor
|
Ibu
yakin kamu bisa. Kamu adalah murid yang berprestasi. Kamu tentu tahu apa yang
terbaik untuk kamu.
|
Penguatan
positif
|
51.
|
Konseli
|
Baik
bu..saya senang sekali jika hal ini benar-benar bisa saya laksanakan dengan
baik. Saya berjanji akan giat belajar agar bisa sukses dalam menghadapi
ujian.
|
|
52.
|
Konselor
|
Ibu
sangat senang mendengarkan antusiasmu. Nah..apa masih ada hal lain yang ingin
nak uki sampaikan?
|
|
53.
|
Konseli
|
Saya
rasa untuk saat ini, sudah cukup bu..
|
|
54
|
Konselor
|
Berhubung
waktu sudah habis, mari kita akhiri proses konseling ini sampai disini,
sebelumnya mari kita simpulkan hasil pembicaraan kita. Diawal uki mengatakan
bahwa prestasi nak uki menurun, semua itu diakibatkan karena uki merasa jenuh
dengan jadwal belajar yang padat dan tidak memiliki semangat belajar.
Kemudian dalam mengatasi masalah tersebut nak uki berencana untuk mengatur
waktu belajar, meluangkan waktu jalan-jalan dengan teman-teman saat weekend dan
sesekali mendengarkan musik ketika nak uki mulai bosan belajar. Bagaimana nak
Uki?
|
Menyimpulkan
dan mencek pemahaman konseli (understanding
)
|
55
|
Konseli
|
Iya
bu, saya akan berusaha agar kejenuhan belajar yang saya rasakan sekarang ini
bisa segera saya atasi dan dapat semangat kembali dalam belajar
|
|
56
|
Konselor
|
Ibu
senang sekali mendengarnya... bagamana perasaan nak Uki sekarang?
|
Mencek
perasaan siswa (comfort)
|
57
|
Konseli
|
Saya
juga merasa senang dan lega bu, Sekarang saya sudah tahu apa yang harus saya
lakukan
|
|
58
|
Konselor
|
Jadi
setelah konseling ini berakhir, rencana apa yang akan kamu lakukan?
|
Menanyakan
rencana tindakan (action)
|
59
|
Konseli
|
Saya
akan memulainya dengan mengatur ulang jadwal belajar, meluangkan waktu
jalan-jalan saat weekend agar tidak
bosan dengan rutinitas harian, dan sesekali mendengarkan musik saat mulai
bosan belajar
|
|
60
|
Konselor
|
Bagus...
semoga kamu bisa sungguh-sungguh menjalankan rencana yang telah kamu buat.
Nah, kalo begitu sesi konseling ini dapat kita akhiri dan nak uki jangan
sungkan lagi untuk datang menemui ibu jika memiliki kesulitan
|
Mengakhiri
sesi pertemuan konseling
|
61.
|
Konseli
|
Baik
bu..terima kasih banyak atas apa yang telah ibu sampaikan. Saya merasa senang
dan lega..
Sekarang
saya sudah tahu apa yang harus saya lakukan. Kalo begitu, saya permisi ingin
kembali ke kelas.
Assalamu
‘alaikum..
|
|
62.
|
Konselor
|
Wa
‘alaikum salam..
|
11. Rencana Penilaian
a. Penilaian Segera (Laiseg)
1)
Penilaian
Proses
NO
|
ASPEK
|
PERTANYAAN/PENGAMATAN
|
1
|
Kesesuaian
program dengan pelaksanaan
|
Apakah pelaksanaan konseling
dengan teknik Person Centered Therapy
sudah sesuai dengan program yang ada?
|
2
|
Faktor
penunjang dan penghambat
|
1.
Apa saja faktor penunjang yang membantu lancarnya
proses konseling dengan teknik Person
Centered Therapy?
2.
Apa saja faktor yang menghambat jalannya proses
konseling dengan Person Centered
Therapy?
|
3
|
Keterlibatan
siswa
|
Bagaimana keterlibatan siswa
selama proses konseling berlangsung?
|
2)
Penilaian
Hasil
NO
|
ASPEK
|
PERTANYAAN/PENGAMATAN
|
1
|
Understanding
|
Pemahaman baru apa yang kamu
peroleh setelah konseling ini?
|
2
|
Comformitas
|
Bagaimana perasaanmu setelah
melakukan konseling ini?
|
3
|
Action
|
Kegiatan apa
yang akan kamu lakukan setelah konseling ini?
|
b. Penilaian Jangka Pendek
(Laijapen)
c. Penilaian Jangka Panjang
(Laijapan)
Makassar,
15 April 2016
|
||
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
|
Guru
BK/Konselor,
|
|
Arni Ulan, S.Pd
Bagaimana langkah2 kegiatanya Bu
BalasHapus